Sabtu, 01 Agustus 2009

Gerhana Matahari 22 Juli 2009

Bermodal dengan keingintahuan dan pengetahuan yang sedikit saya mencoba mencari informasi mengenai gerhana yang terjadi kemarin tanggal 22 Juli 2009. Setelah browsing sana-sini dan download sana-sini Alhamdulillah sedikit pengetahuan yang sangat berharga berhasil saya dapat.
Menarik sekali ternyata gerhana yang terjadi kemarin. Menurut berbagai sumber, gerhana yang terjadi tanggal 22 Juli 2009 kemarin adalah gerhana terlama sepanjang beberapa abad terakhir  yang dapat dinikmati oleh beberapa umat manusia. GMT kemarin berdurasi sekitar 6 menit lebih (bandingkan gerhana pada 26 Januari 2009 yang hanya berdurasi 2 menitan lebih).
Sayang, setelah saya nanti-nanti ternyata GMT kemarin tidak melewati langit di atas pulau Jawa. Daerah Indonesia yang dilewati oleh GMT kemarin antara lain: NAD, Medan, Kalimantan bagian utara, Sulawesi bagian utara dan Papua. Itupun hanya dapat melihat gerhana sebagian saja. Ya, daerah-daerah tadi hanya kebagian daerah bayangan penumbra saja. Sementara yang mendapat darah umbra adalah  India, China, Jepang dan lain-lain. Shanghai merupakan salah satu kota yang dapat menikmati fenomena dari Alloh SWT secara utuh. Maka, kemarin Shanghai ramai dikunjungi oleh para astronom dan para penikmat gerhana  yang datang berkunjung dari seluruh penjuru dunia.
Untuk warga Indonesia bersiap-siaplah untuk melihat fenomena yang luar biasa ini dari bumi pertiwi sendiri tanggal 9 Maret 2016. Ini merupakan perhitungan dari astronom. Ya, dengan kemajuan teknologi kehadiran gerhana sudah dapat dihitung dari jauh-jauh hari. Gerhana total dapat disaksikan dari Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Palangkaraya, Palu, Ternate, dan lain-lain. Untuk masyarakat Jawa sekali lagi nampaknya harus kecewa karena GMT mungkin tidak melewati Jawa. Untuk kota-kota yang akan dilewati GMT bersiap-siaplah untuk menjamu kedatangan para turis mancanegara yang akan mengamati GMT ini dengan menyiapkan tempat yang strategis.
Demikian tulisan pertama saya..
Sumber berasal dari banyak sumber yang tak dapat disebutkan satu-persatu...
Moga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar